2012/12/21

Apa itu Ateis?

Kalau kita mendengar istilah Ateis pasti yang kita rasakan ya pertama jijik, emosi, marah, dan pokoknya adalah ekpresi ketidaksukaan kepada Ateis, yaps Alasannya mendasar karena Ateis tidak percaya adanya Tuhan.
Ateis adalah Ketidakpercayaan kepada keberdaan Tuhan, dewa-dewi, Roh, jiwa, dan hal hal yang dianggap mistik. Istilah Atheis sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni A yang artinya tidak dan Theos yang artinya Tuhan.
Ateis sendiri selalu bersikap skeptis pada hal yang namanya Mistis karena kurang bukti secara empiris. Buddha adalah salah satu agama Ateis karena tidak adanya penyebutan untuk menyembah Tuhan. 
Ateis sendiri bukan berarti  ingin bebas sebebas bebasnya , seperti kata Marco Tilius Cicero "Ubi Societas Ibi Ius" , Di mana ada masyarakat di situ ada hukum . Kesimpulannya para Ateis juga menaati hukum yang berlaku di masyarakat.
Pada zaman Orde Baru kita sering mendengar kalau para kaum Ateis adalah seorang Komunis dan Komunis adalah Ateis, padahal tidak. Komunis itu adalah Sistem Ekonomi dimana ekonomi masyarakat dikuasai negara, dan Ateis adalah ketidakpercayaan kepada yang namanya religi, agama, dan Tuhan. Nah dari sini bisa kita ketahui kalau Ateis itu tidak sama dengan namanya komunis, Bisa juga seorang Ateis itu berpikir liberal , anarkis, demokratis, nasionalis ataupun pancasilais.
Kesimpulannya Ateis adalah ketidalkpercayaan kepada hal yang berbau takhayul atau mistis dimana  setiap ateis memiliki pola pikirnya masing-masing.

Imagine , no war just peace in the world

Tidak ada komentar:

Posting Komentar