2012/12/28

Ateisme melanggar Pancasila sila 1 ?

Seperti yang kita ketahui bahwa isi dari Sila Pertama Pancasila adalah "Ketuhanan Yang Maha Esa" dan Ateis adalah Ketidakpercayan akan keberadaan Tuhan.
Sekilas kita akan mengira jikalau Ateis itu bertentangan dengan Pancasila. Benarkah demikian? Ternyata tidak. 

Kalau kita menafsirkan Sila-1 Pancasila maka kita akan menemukan butir-butir yang menyatakan kalau misalnya setiap warga Indonesia itu Bebas untuk Berkeyakinan apapun. Kesimpulannya Ateis itu tidak dilarang oleh Pancasila.

Kalaupun kita menafsirkan dengan seenaknya maka cuman Islam, Yahudi, Bahai, Zoroaster(Kalau ada) , dan Kristenlah yang tidak melanggar Pancasila sila 1. Mengapa demikian? Alasannya simpel. Karena di luar agama tersebut  menganut sistem Polytheisme dan ada juga yang beragama ateistik, Buddha dan Jainisme misalnya. Bahkan Kristen Mormon adalah Kristen Polytheisme dan berbeda dengan Kristen-Kristen lainnya.

Seperti yang kita ketahui Esa berasal dari bahasa Semit yang artinya Satu.Nah kesimpulannya, bila ditafsirkan sesuka hati maka agama di luar yang saya sebut di atas adalah Agama sesat. 

Para manusia yang fundamentalis terhadap agama atau sering disebut dengan manusia bigotry selalu mengatakan kalau Ateis itu melanggar Pancasila, tapi mereka tidak tahu jikalau Buddha adalah salah satu agama ateistik. Mereka tidak mengakui adanya Tuhan yang personal, walaupun mereka mengakui adanya Surga, namun mereka tidak menyembah surga tersebut. Buddha adalah agama yang diakui oleh pemerintah.

Jadi? Masih mengatakan jikalau Ateis melanggar Sila 1 Pancasila? Berpikirlah seribu kali untuk mengatakan hal tersebut. 

Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar