2012/12/29

Liberalisme

Liberalisme adalah Paham yang menginginkan adanya kebebasan. Kebebasan yang bagaimana? Inilah yang selalu disalahtafsirkan oleh banyak orang. 

Mereka mengatakan jikalau bebas yang dimaksud adalah bebas untuk melakukan sesuka hati, seks bebas, bunuh-bunuhan, pertentangan, anarkisme dan sebagainya. Benarkah demikian? Nyatanya tidak.

Liberal secara harafiah berarti bebas. Bebas yang dimaksud dalam ideologi liberal bukanlah bebas untuk melakukan segala hal. 

Bebas yang dimaksud dalam paham liberalisme adalah Bebas dari diperlakukan dari berbagai hal. Diperkosa misalnya, dijambret, dibunuh, dianiaya dan diperlakukan secara negatif. 

Mengapa saya mengatakan demikian? Karena pada dasarnya negara yang berideologi liberalisme pun memiliki yang namanya Konstitusi dan peraturan perundang-undangan. 

Jikalau sebuah negara sudah tidak memiliki peraturan perundang-undangan, peraturan tertulis dan peraturan lisan yang sudah disepakati maka negara tersebut bukanlah negara liberalisme lagi. Tapi sudah disebut sebagai Negara yang berideologi Anarkisme.

Negara yang berpaham liberal seperti Amerika Serikat, Jerman dan Negara Eropa memiliki Peraturan perundang-undangan dan konstitusi yang jelas. Rakyatnya tidak melakukan segala hal dengan istilah "semau gue" . Tetap ada peraturan pembayaran pajak, tidak boleh membunuh, tidak boleh mencuri dan peraturan peraturan lainnya.

Jadi, masih menyebut liberalisme sebagai paham yang membebaskan seseorang melakukan segala hal ? Berpikir dan renungkanlah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar