2012/12/21

Kejanggalan dalam Trinitas Part 1

Sudah dijelaskan dalam post sebelumnya mengenai sejarah trinitas Kristen yang cenderung kontroversial dimana Kaisar Konstantin memanfaatkan hal ini demi keamanan Kekaisaran. Dan hal itu jugalah yang menyebabkan Eropa memasuki zaman Kegelapan.

Ya, kita ke topik yang sebenarnya mengenai Trinitas. Trinitas adalah Doktrin yang disahkan pada konsili Nicea dimana Allah hadir dalam tiga wujud yakni Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus. Bila kita menanyakan hal ini kepada orang awam maka mereka akan geleng geleng kepala karena doktrin ini sendiripun adalah doktrin yang membingungkan semua orang. Kenapa? Karena Kristen sendiri mengatakan kalau Tuhan mereka itu Esa namun malah hadir dalam Tiga Oknum yang berbeda.

Bila kita membuka Kitab Perjanjian Lama, maka kita akan melihat ada kejanggalan karena tidak ada satupun tulisan yang menyatakan kalau Tuhan itu hadir dalam tiga pribadi.Tuhan justru hadir dalam satu pribadi yang utuh dan tanpa adanya pendamping. Janggal? Tentu saja janggal.

Hal yang paling janggal lagi yakni mengenai Yesus yang justru menyuruh umat Kristen hanya menyembah kepada Bapa dan bukan kepada dirinya. Hal mengenai penyembahan kepada Yesus justru diajarkan oleh Paulus dalam kitab kitab ataupun surat surat Paulus setelah 4 Injil Sinoptik.

Kalau kita mempelajari lebih dalam Injil Injil Sinoptik maka kita akan menemukan banyak kejanggalan mengenai Ketuhanan Yesus Kristus. Salah satunya adalah dimana Yesus lapar dan haus. Yesus lapar dan hal ini adalah hal yang aneh. Kalau kita menyatakan hal ini kepada umat Kristen maka mereka akan menyatakan kalau Yesus itu juga manusia. Selain itu umat Kristen juga menyatakan kalau Yesus sendiri juga adalah Tuhan karena Yesus melakukan banyak mukjizat yang luar biasa. 

Dualisme yang aneh karena Yesus sendiri hadir dalam 2 wujud yakni Manusia dan Tuhan. Kalau Yesus hadir dalam wujud Manusia dan Tuhan maka Yesus itu akan meminta umatnya untuk disembah dan bukan meminta pengikutnya untuk menyembah Bapa. Dan tidak ada satupun ayat yang mengatakan kalau Yesus itu Tuhan. Kalau anda menunjukkan Yohannes 13:13 mengenai pengakuan Yesus itu bukan terjemahan yang asli. Baca kitab yang asli dalam versi Bahasa Yunani. 

Kemudian mengenai ketidaktahuan Yesus Kristus sendiri mengenai kapan terjadinya akhir zaman. Yesus tidak mengetahui kapan terjadinya akhir zaman. Aneh memang, padahal kalau dia benar benar Tuhan maka Yesus akan menyatakan kalau dirinya itu tahu kapan akhir zaman.

Pernah ada yang mengatakan kalau Yesus itu sebenarnya tahu tapi tidak memberi tahu dan kemudian mengatakan hal yang membingungkan . Dan aku malah menjawab, "Baca ulang karena cuman Bapa sendiri yang tahu". Dalam doktrin Trinitas seharusnya Yesus dan Bapa itu harus sama sama tahu mengenai kapan terjadinya akhir zaman.

Kejanggalan lainnya adalah Yesus yang berdoa dan Yesus mengatakan Eli, Eli, Eli lama sabakhtani. Kalau Yesus benar benar Tuhan maka dia tidak perlu mengatakan hal itu kepada Bapa-Nya sendiri. Dan kalau Yesus benar benar Tuhan maka dia tidak perlu melakukan yang namanya doa kepada Bapa. 

Kejanggalan berikutnya adalah Untuk apa Yesus datang untuk menebus dosa manusia. Kalau Bapa itu maha Pengasih dan Maha Kuasa, Yahweh atau Bapa tidak perlu mengirimkan Yesus ke dunia dan hanya perlu datang dalam wujud aslinya. 

Demikian beberapa kejanggalan mengenai Trinitas bagian 1, bagian berikutnya akan saya lanjutkan dengan menunjukkan beberapa ayat alkitab yang saling kontradiksi dan masih bertopik mengenai "Kejanggalan Trinitas" .


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar